Jumat, 21 Februari 2014

Syukuri Hidup (Kisah Inspiratif)


Seorang bangsawan memilih dua remaja dari keluarga miskin untuk dipekerjakan. Yang tegap sebagaipengurus kuda dan yang kurus kecil sebagai pengurus kambing.

Suatu ketika si tegap berkata kepada si kecil, "Hai sobat. Aku lebih besar dan lebih tua darimu. Mulai besok kita bertukar. Aku mengurus kambing. Kamu mengurus kuda."

Si kurus pun menceritakan peristiwa yang terjadi kepada ibunya. "Sungguh tidak adilkan, Bu? Dia mengancam dan memaksa aku untuk mengurus kuda liar. Dia memilih kambing. Bagaimana aku bisa mengejar-ngejar kuda yang begitu besar. Sungguh jelek nasibku".

Si ibu dengan senyum bijak berkata, "Nak, Pasti ada hikmahnya. Syukuri, hadapi, terima dengan besar hati. Jika kamu mampu belajar dan bekerja keras, pasti akan membuatmu menjadi kuat, bermanfaat untukmasa depanmu."

Sejak itu,si kurus dengan susah payah stiap hari bergelut dengan kuda-kuda yang besar dan liar. Dari hari ke hari keahlian menguasai kuda-kuda pun membaik. Badannya berkembang menjadi tinggi, tegap, dan perkasa.

Suatu hari, pecah perang antarnegara. Kerajaan membutuhkan prajurit pasukan berkuda. Si pemuda kecil pun terpilih sebagai pemimpin pasukan berkuda karena keahliannya mengendalikan kuda.

Kemudian hari, si pemuda berhasil memimpin dan memenangkan perang yang dipercayakan kepadanya dan dikenal banyak orang karena kebesaran namanya. Dialah pemimpin bangsa Mongol yang tersohor sepanjang masa, bernama JENGHIS KHAN.

Bersyukurlah dalam segala kondisi. Tanpa rasa syukur, semua yang baik dan indah akan terasa jelek dan menyakitkan. Kemanapun kita pergi, apapun yang kita kerjakan akan terasa menderita. Akhirnya tiada hari tanpa kegelisahan, tiada saat tanpa kejenuhan!

Bukan hidup yang membuat kita jenuh, tapi ketiadaan rasa syukur yang membuat semuanya terasa jelek dan menjenuhkan.

Bukan kebahagiaan yang menjadikan kita bersyukur, tapi bersyukurlah yang menjadikan kita bahagia.

Jiwa yang bersyukur akan berbahagia bahkan di saat menghadapi masalah sulit sekalipun.

PERCAYALAH, BERSYUKUR ITU AJAIB!!!

(Anonim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar